Hai Assalamu'alaikum...

Adakah dari kalian yang bertanya-tanya, udah rajin skincarean tapi kok kulit masih kusam, jerawat masih sering muncul, dan komedo menumpuk? Mungkin ini saatnya kamu butuh eksfoliasi.

Eksfoliasi tu apa sih? Eksfoliasi adalah proses pengelupasan sel-sel kulit mati dan membersihkan kotoran-kotoran yang menyumbat pori-pori. Caranya gimana? Bisa menggunakan exfoliator.

Exfoliator ada dua macam, yaitu physical dan chemical. Seingetku dulu aku pernah bahas di feed IG. Kalau ada yang butuh di jelaskan lebih detail lagi bisa komen di bawah ya. Tapi untuk sekarang ini aku mau fokus ke chemical exfoliator.

Chemical exfoliator yang kita kenal ada 2 macam, yaitu AHA dan BHA. AHA atau Alpha Hidroxy Acid adalah exfoliator yang larut dalam air. Jadi AHA bekerja di lapisan kulit atas dan membuat kulit lebih halus dan cerah. Sedangkan BHA atau Beta Hidroxy Acid adalah exfoliator yang larut dalam minyak. Maka dari itu BHA bisa menembus lapisan kulit dan membantu membersihkan produksi minyak yang berlebih dan mengontrolnya. 

Sekarang aku akan lebih fokus lagi membahas dua produk exfoliator yang lagi jadi andalanku dari Avoskin Your Skin Bae series, yaitu Salicylic Acid 2% + Zinc dan Lactic Acid 10% + Kiwi Fruit 5% + Niacinamide 2,5% High Dose Serum.


Salicylic Acid 2% + Zinc
Yang aku suka dari kemasan YSB series adalah cute dan warna-warni. Apalagi karena tulisan di botolnya kecil-kecil ya, jadi tinggal ngapalin warnanya aja. Botol serum Salicylic Acid ini berwarna pink pudar dari bahan kaca transparan, so be careful yah jangan sampai jatuh dan pecah. 


Semua serum Avoskin YSB yang aku punya memiliki tekstur yang sama, yaitu gel. Yang Salicylic Acid ini berwarna putih agak keruh. Awal dipakai agak tacky, tapi ketika ditumpuk moisturizer lengketnya akan hilang. 


Salicylic Acid masuk ke kategori BHA. Aku suka pakai ketika aku lihat komedoku menumpuk di hidung atau ketika lagi dateng jerawat bulanan. Bahkan kadang aku jadiin spot treatment di atas jerawat. Nggak instan langsung kempes tapi secara bertahap mengurangi senut-senutnya dan cepet healingnya. Serum ini juga mengurangi beruntusan di jidatku. 


Lactic Acid 10% + Kiwi Fruit 5% + Niacinamide 2,5% High Dose Serum
Avoskin YSB Lactic Acid ini kemasan botolnya dari bahan kaca transparan juga tapi berwarna hijau lime yang cute. Warnanya eye-catching banget. 


Sama kayak yang Salicylic Acid, teksturnya berupa gel bening yang agak lengket ketika dipakai. Tapi tenang aja, lengketnya hilang setelah ditimpa moisturizer kok. 


Lactic Acid ini termasuk AHA yang gentle, jadi aku bisa pakai agak sering di kulitku. Tapi aku tetap memakai hydrating produk sebelum dan sesudahnya biar kulitku nggak over eksfoliasi. Di kulitku Lactic Acid ini bikin kulitku halus dan cerah. 


Idealnya AHA digunakan untuk pemilik kulit normal-to-dry dan BHA digunakan untuk kulit berminyak, tapi sekarang ini AHA dan BHA bisa digunakan untuk semua jenis kulit, asal frekuensinya diperhatikan (jangan terlalu sering). Penggunaan awal bisa dimulai dari sekali seminggu dan meningkat perlahan, tapi maksimal 3 kali seminggu aja, agar terhindar dari over-exfoliate.


Selain itu ketika memakai exfoliator perlu diimbangi dengan hidrasi yang cukup. Exfoliator match perfectly dengan Hyaluronic Acid, Centella Asiatica, Mugwort, atau bahkan Niacinamide. Jangan lupa selalu memakai sunscreen dan reapply ya agar efek eksfoliasinya maksimal. 


Semoga post kali ini bermanfaat ya. See you on the next post, Wassalamu'alaikum...