Halo... Assalamu'alaikum... 

Tidak bisa dipungkiri produk-produk skincare yang ada embel-embel "mencerahkan" atau "brightening" masih banyak diminati konsumen karena banyak yang memang ingin wajahnya lebih cerah atau untuk memudarkan flek dan bekas jerawat. 


Aku sebagai pemilik kulit acne prone juga harus berhadapan dengan PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation) atau bekas kehitaman karena efek dari jerawat. Makanya aku butuh skincare yang bisa membantu memudarkan bekas jerawatku. Ada 3 bahan aktif dalam skincare yang ampuh buat mencerahkan kulitku, yaitu :

1. Niacinamide
No need to say more about Niacinamide karena ini salah satu bahan aktif kecintaanku. Niacinamide bekerja dengan cara memperlambat proses pembentukan pigmen ke dalam sel-sel kulit sehingga kulit tampak lebih cerah. Selain bisa mencerahkan, Niacinamide juga jodohnya kulit berminyak karena bisa membantu mengontrol produksi minyak di kulit. Selain itu Niacinamide juga bisa membantu memperkuat skin barrier. 


Contoh produk yang mengandung Niacinamide adalah Emina Bright Stuff face serum. Ini serum murah yang nggak murahan, karena hasilnya ciamik di kulitku. Beginner friendly juga, jadi bisa dipakai sejak usia remaja. Teksturnya gel yang enak, ringan, dan mudah menyerap. 


2. Alpha Arbutin
Apakah kalian tahu kalau Alpha Arbutin adalah turunan dari Hidroquinon? Jadi Alpha Arbutin itu versi sintetiknya dari HQ. Tapi ada juga Alpha Arbutin yang bisa ditemukan di buah-buahan, misalnya buah berry. Alpha Arbutin bekerja memperlambat produksi Tirosinase, atau enzim yang terdapat pada Melanosit, jadi Melanin yang dihasilkan lebih sedikit, membuat kulit yang kusam jadi lebih cerah. Jujur, Alpha Arbutin yang paling lama mencerahkannya di kulitku, tapi karena nggak menimbulkan iritasi atau breakout di kulitku, aku tetap pakai skincare yang mengandung Alpha Arbutin


Contoh produk yang mengandung Alpha Arbutin adalah Elsheskin Radiant Skin serum. Tahun 2019 aku pernah pakai serum ini sampai habis, dan suka dengan hasilnya karena membantu meratakan warna kulitku. Teksturnya watery encer yang ringan banget, nggak berat di kulit. Walaupun begitu saat dioles dia seperti melapisi kulit dan terasa agak licin.


3. Vitamin C
Vitamin C sangat kaya Antioksidan dan berperan dalam pembentukan Kolagen. Selain itu Vitamin C juga melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari. Makanya aku sering pakai Vitamin C di pagi hari dibarengi dengan memakai sunscreen. Sunscreen membantu melindungi dan memperbaiki kulit dari efek buruk sinar UV, sementara Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang juga membantu memperbaiki kulit dari pengaruh buruk sinar UV. Vitamin C juga mengurangi produksi Melanin dan mencegah produksi Enzim Tirosinase, yang dapat membuat kulit kusam dan gelap. Selain itu Vitamin C juga meningkatkan jumlah Glutathione sehingga kulit menjadi cerah.


Contoh produk yang mengandung Vitamin C adalah Somethinc C-riously 24K Gold Essence. Teksturnya ada diantara serum Emina dan Elsheskin yang aku sebut sebelumnya, dan yang bikin spesial dia ada gold flakesnya yang nanti saat dibaur akan lumer. Selain mencerahkan serum ini juga melembapkan wajah.


Itu tadi 3 bahan aktif di skincare yang jadi andalanku untuk mencerahkan kulit. Aku memang lebih suka mencari bahan aktif skincare dalam bentuk serum karena biasanya serum lebih potent daripada bentuk lainnya. Semoga post kali ini bermanfaat ya. See you on the next post, Wassalamu'alaikum...