Halooo Assalamu'alaikummm... 

Seberapa penting sih double cleansing?

Seberapa sering harusnya double cleansing?

Double cleansing adalah membersihkan wajah dalam dua langkah, yaitu menggunakan first cleanser dan selanjutnya menggunakan second cleanser. Buatku, double cleansing itu step paling penting di skincare routine. Karena kulit yang bersih akan memaksimalkan penyerapan skincare yang kita pakai, sehingga manfaat yang kita butuhkan dari skincare akan terasa di kulit.

Tiap orang beda-beda kebutuhannya akan double cleansing. Ada yang kulitnya butuh sehari dua kali, ada yang cukup sehari sekali. Aku termasuk yang cukup hanya sehari sekali, dan biasa aku lakukan di malam hari. Tapi sebaiknya memang nggak lebih dari dua kali sehari karena kulit juga butuh kelembapan alami (terlalu sering cuci muka atau double cleansing juga nggak baik).

Pada post kali ini aku mau membahas produk yang dipakai sebagai first cleanser. Produk-produk untuk first cleanser sekarang beragam banget. Ada yang bentuk oil, ada yang bentuk balm, bahkan sejenis micellar water juga banyak jenisnya. Tapi kali ini aku mau membahas jenis produk first cleanser yang sejak jaman ibu kita masih muda pun udah ada, yaitu milk cleanser. 

Aku inget banget dulu dikenalkan dengan milk cleanser oleh mamaku, karena mamaku sejak dulu sudah rajin banget pakai skincare. Aku diajari agar selalu mencuci wajah sebelum tidur, dan diawali dengan milk cleanser sebelumnya. Tapi memang makin kesini aku makin explore jenis-jenis first cleanser, dan mulai melupakan milk cleanser, ehehe.. 

Nah, pas kapan hari aku nonton YouTube dan ada salah satu beauty vlogger kesukaanku pakai produk ini, aku penasaran juga dong pengen nyobain. Sekalian nostalgia gitu ceritanya pakai milk cleanser. Produknya adalah... 

Herborist Rose Cleansing Milk


Herborist ini adalah brand produk kecantikan lokal, di produksi pertama kali di Semarang. Awalnya mereka hanya memasarkan produk Herborist di Bali aja, tapi makin kesini pangsa pasar makin meluas, jadi sekarang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Aku dulu udah pernah pakai rangkaian body carenya Herborist dan suka, apalagi wanginya enak-enak, bahkan sekarang lagi pakai body butternya yang strawberry. Intinya udah nggak perlu diraguin lagi deh kualitasnya produk-produk Herborist.
 
Kemasan :
Milk cleanser ini dikemas dalam botol plastik bening dengan tutup flip-top. Tutupnya lumayan kenceng loh. Untuk mengeluarkan produknya tinggal di pencet aja nanti langsung keluar isinya. Tapi memang, kemasannya ini agak keras, jadi mencetnya pun juga harus agak pakai tenaga, ehehe.. 


Isi dan Tekstur :
Milk cleanser ini teksturnya creamy yang ringan banget. Warnanya milky pink yang cantik. Saat diendus akan tercium wangi bunga yang segar. 


Saat di balurkan ke kulit akan terasa kalau ini agak sedikit oily. Wajar sih menurutku, karena emang fungsinya kan sebagai "peluruh" kotoran, debu, makeup, dan sunscreen yang kita pakai. 


Cara Pakai :
Dari kemasannya terdapat cara pakainya yaitu sebagai berikut :
Oleskan Herborist Susu Pembersih Mawar pada wajah, pijat secara lembut dengan gerakan memutar. Kemudian bersihkan wajah menggunakan kapas hingga semua kotoran terangkat. 

Tapi untuk aku pribadi, nggak selalu harus pakai kapas. Setelah dipijat lembut lalu langsung cuci muka pakai face wash pun juga oke. Dan memang harus dilanjut dengan face wash ya agar residu kotoran yang bercampur dengan milk cleansernya bisa terhapus bersih.

Ingredients :
Aqua, Glyceryl Stearate, Cetyl Alcohol, Mineral Oil, PEG-100 Stearate, Phenoxyethanol, Olive Oil PEG-7 Esters, Glycerin, Chlorphenesin, Carbomer, Aminomethyl Propanol, Tocopheryl Acetate, Benzotriazolyl Dodecyl p-Cresol, Fragrance, Propylene Glycol, Rosa Alba Flower Extract, Cystoseira Tamariscifolia Extract, CI 17200


Banyak bahan-bahan yang melembapkan kulit yah. Tapi hati-hati buat kulit sensitif, walaupun ini bisa untuk all skin type, tapi masih mengandung mineral oil dan fragrance. 

Hasilnya di Kulitku :
Produk ini klaimnya dapat melembabkan dan menghidrasi kulit karena mengandung vitamin E dan Rose Extract. Di kulitku aku merasakan dua manfaat tersebut karena setelah memakai produk ini aku nggak merasakan sensasi kulit ketarik, malah rasanya lembap gitu walaupun sudah memakai face wash setelahnya.

Dan yang utama dari sebuah milk cleanser adalah daya membersihkannya. Jujur aku belum pernah membersihkan heavy makeup dengan menggunakan milk cleanser ini. Tapi untuk makeup tipis yang hanya menggunakan loose powder kemampuan membersihkannya jempolan. Dan aku notice aku merasa pori-poriku jadi jauh lebih bersih saat menggunakan milk cleanser ini. Akupun takjub pas ngaca setelah cuci wajah karena memang jadi sebersih itu. 

Pori-poriku tampak lebih bersih setelah menggunakan milk cleanser ini

Menurutku produk ini worth to buy banget karena selain daya membersihkannya mumpuni, harganya juga nggak nguras dompet. 100 ml ini dibanderol dengan harga antara Rp.8.000,- hingga Rp.15.000,- aja tergantung kamu belinya di mana. Murah banget kan? Udah produk lokal, murah, gampang di cari, dan bagus pula kualitasnya. Semoga post kali ini bermanfaat ya. See you on the next post, Wassalamu'alaikum...