Hai Assalamu'alaikum...

Kali ini aku akan mereview produk toner eksfoliasi yang pastinya udah nggak asing lagi namanya di telinga, karena produk ini boomingnya udah lama, cuma baru aku pakai tahun kemaren. Yap, dia adalah Avoskin Miraculous Refining Toner. Yuk kita baca bareng-bareng reviewnya.

Avoskin Miraculous Refining Toner


Toner ini mengandung 5% AHA, 1% BHA, and 2% PHA, berfungsi untuk membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati. Maka dari itu, pemakaiannya jangan terlalu sering. Untuk kulitku sendiri aku pakai hanya 1-2 kali seminggu (saat tidak pakai retinol/tidak boleh digabung dengan retinol). Dan toner ini juga mengandung niacinamide, tea tree, witch hazel, dan aloe vera.


Toner ini isinya 100 ml dengan botol berwarna magenta gelap tapi dia agak transparan. Tutupnya ulir, dan dia ada sekatnya agar aman kalo dibawa travelling. Tapi aku pakainya cuma di rumah aja, jadi sekatnya nggak aku pake lagi. 


Teksturnya cair banget seperti air dan berwarna bening, pakainya boleh pakai kapas, boleh langsung tap-tap pakai tangan. Nggak perlu dibilas, tunggu aja sampai meresap, nanti dia cukup cepat kok meresapnya. Pakainya di step awal setelah cleansing sebelum hydrating toner (tapi kalau kulitmu sensitif bisa dipakai setelah hydrating toner). Biasanya setelah itu aku layer hydrating toner dan hydrating serum baru aku tutup pake moisturizer atau sleeping mask. Oh iya, ini pakainya malam hari aja yah.

Now the interesting part: hasilnya gimana? Apa ngefek ke komedo/jerawat? Bikin iritasi gak? Here are the answers

Sejak awal pemakaian sampai sekarang dia bikin kulitku clekit-clekit, terutama kalau pas lagi ada jerawat atau luka terbuka. Tiap mau pakai tuh takut banget. Tapi mau gimana lagi, kulitku butuh eksfoliasi. Makanya aku lama banget mau post review ini, karena masih nyari-nyari cara pakainya yang enak di kulitku. Di kulitku cuma clekit-clekit aja kok, nggak samapai bikin kemerahan.


Setelah rutin beberapa bulan ini pakai, hasilnya kulitku halus, kalau komedo (komedoku khususnya) perlu di ekstraksi lagi sih, tapi jelas bikin komedo lebih lunak, jadi lebih mudah ekstraksinya. Untuk jerawat, bikin cepet kering, tapi kalau jerawat mateng dipakein ini rasanya maknyusss mantep banget perihnya.


Setiap pakai avoskin ini, aku pasti guyur hydrating product banyak-banyak, entah itu hydrating toner, hydrating serum, atau layer moisturizer dan sleeping mask. Intinya jangan sampai kulitku kekurangan air sehingga bikin jadi dehidrasi.

Yang perlu diingat, apalagi buat yang newbie exfoliating toner, basic skincarenya harus pakem dulu sebelum nyoba-nyoba exfoliating product. Double cleansing, hydrating toner, moisturizer, dan sunscreen itu harus. Jadi kalo basic skincarenya belum gas pol, mending mundur alon-alon dari exfoliating toner.

Kesimpulan :

PROS :
(+) Bikin komedo gampang di ekstraksi
(+) Bikin jerawat cepat mateng
(+) Bikin tekstur kulit halus
(+) Nggak bikin iritasi di kulitku
(+) Nggak bikin kulitku memerah

CONS :
(-) Ada sensasi tingling/clekit-clekit di kulitku
(-) Kalau kena jerawat mateng perih banget
(-) Tidak newbie-friendly, apalagi yang basic skincarenya belum bagus

Hasilnya nggak yang instan langsung cling gitu yah. Apalagi buat yang hanya mengandalkan satu produk ini untuk mengatasi segala masalah kulitnya. No no no, tak bisa tak bisa. Agar kulit sehat yang harus di lakukan dari luar ya CTMP atau basic skincare, dari dalam perbanyak minum air putih, buah-buahan, dan sayur mayur. Semoga review kali ini bermanfaat yah. See you on the next post! Wassalam...