Halo Assalamu'alaikum...

Demam cushion sempat melanda beberapa bulan yang lalu ya. Semua brand lokal tiba-tiba ngeluarin BB cushion. Dan aku, karena bukan penggemar makeup yang heavy, nggak begitu tertarik sebenernya. 😂 Untuk sehari-hari aku cuma mengandalkan sunscreen dilanjut bedak tabur (kadang-kadang compact powder atau two way cake). Kalau lagi kondangan paling ditambah face primer aja. Tapi, kadang pengen dandan kondangan atau kerja yang agak "niat", cuma udah bosen sama BB cream dan nggak mau pake foundation. Jadilah aku ngelirik BB cushion.

Karena baaanyak banget BB cushion yang launching akupun jadi bingung mau pilih yang mana. Nontonin youtube sama baca-baca review blog tetep aja nggak tercerahkan, malah makin bingung. Akhirnya capcipcup milih Wardah Instaperfect BB cushion ini sebagai pilihan. Nggak tau kenapa bisa milih ini, mungkin karena packagingnya yang cute, atau karena Wardah pasti selalu jadi brand tempatku pertama kali nyoba suatu makeup baru.

Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion


Packaging :
Karena ini pertama kalinya aku punya BB cushion ya takjub juga sama kemasannya yang bulky. 😂 Tapi sungguh, kemasannya elegan sekali. Warnanya rose gold yang girly banget, bagian luarnya bisa sekalian buat ngaca.


Saat dibuka tampaklah si puff cushionnya yang berwarna pink unyu-unyu. Dan, lagi-lagi karena baru pertama nyoba bb cushion, langsung ber-"ooohh gini to bentuk puff cushion tu" pas pertama kali pegang puff-nya. Kinda weird for me, hahaha. Aku belun pernah pake cushion tapi pernah baca review cushion, dan menurutku dalam sekali tekan puff-nya kurang bisa mengambil produk dalam jumlah banyak, jadi kurang efisien.


Lalu di bawah puff-nya tampaklah sekat pelindungnya (maapkeun udah kotor, udah dipake sebelum difoto-foto untuk review) . Dibuka byak, baaa, muncullah si cushion. Lagi-lagi ber-"ooohh gini to bentuk cushion tu". 😂 kayak sponge yang terendam foundation (lha emang iya 🤣).


Cushion ini isinya 15 gram. Nggak tau aku untuk ukuran cushion ini termasuk banyak atau sedikit karena aku belum berpengalaman sama cushion, tapi satu hal yang pasti, untuk base makeup aku nggak pernah bisa ngabisin sampe habis tak bersisa, jadi buatku sama aja mau isinya banyak atau sedikit.


Shade dan pigmentasi :
Wardah Instaperfect BB cushion yang aku punya shade 13 Beige. Kalau dilihat dari websitenya BB cushion ini punya 4 shade. Di kulitku shade ini Alhamdulillah ngeblend sempurna. Kulitku warm undertone, dan dia nggak menggelap atau berubah jadi abu-abu di kulitku.


Saat pertama pakai bisa terlihat kalau BB cushion yang teksturnya nggak begitu kental ini pigmentasinya sheer-to-medium, tapi buildable. Tapi entah kenapa, aku kurang bisa pakai puff-nya buat ngeratain. Seperti kataku di awal, puff-nya kinda weird for me, apalagi saat pengaplikasian. Aku lebih suka aplikasi foundation atau BB cream pakai sponge atau beauty blender.



Performance :
Zuzur aku jarang banget pakai BB cushion ini, mentok-mentok cuma buat kondangan sama awal-awal pas beli doang. Pas pakai BB cushion ini biasanya aku langsung timpa aja gitu di atas sunscreen, dilanjut dengan loose powder. Aku punya face primer-nya Pixy tapi nggak pernah aku pakai barengan sama BB cushion ini (biasanya gantian), jadi reviewku pure pemakaian tanpa primer apapun.

My bare face tapi udah skincare-an dan pakai sunscreen. Lagi banyak jerawatnya, jadi sekalian bisa ngetes coveragenya di jerawat kayak gimana.

Kiri : Before | Kanan : After (satu layer)

Untuk menutupi bekas jerawat yang kehitaman dan kemerahan dia lumayan ampuh ya. Bekas jerawat kehitaman aja ampuh apalagi flek-flek dan spider vein yang lebih tipis dari bekas jerawat. Tapi nggak bisa menutupi bump jerawat, karena emang nggak ada satupun base makeup yang bisa meratakan tekstur kulit, hanya meratakan warna aja. Tapi untuk menutupi dark circle dia kurang bisa tercover, masih perlu bantuan concealer.

Ini hasilnya satu layer di wajahku

Hasil akhir BB cushion nya agak matte gitu, sesuai namanya ya. Di kulitku yang dry-dehidrated ini, BB cushionnya nggak awet. Duh suwer, malah lebih awet makeupku kalau cuma skincare dilanjut sunscreen langsung timpa powder aja. Walaupun kulitku cenderung kering tapi daerah hidung masih suka berminyak sedikit, dan saat pakai BB cushion ini entah kenapa produksi minyak malah lebih banyak dan terlihat banget cushionnya menggumpal di daerah hidung (dan area hidung yang paling cepet ilang BB cushion nya). Tapi karena belum pernah coba langsung di atas face primer jadi aku belum tau ketahanannya kalau pakai setelah face primer.

Setelah full makeup. Tampak dewy karena efek highlighter ya, bukan karena BB Cushion nya.

Sekian dulu ya review dariku. Maaf kalau masih belepotan dan banyak kurangnya, karena emang belum pernah bikin review complexion makeup hahaha. Menurutku untuk BB cushion seharga Rp.150.000,- an ini kurang worthed ya, karena masih banyak BB cushion lain yang harganya di bawah ini yang bisa dicoba (tapi aku belum tau performanya). Kalau kalian ada pertanyaan, kritik, dan saran bisa banget buat ditulis di kolom komentar di bawah. See you on the next post, Wassalam...