Hai Assalamu'alaikum...

Akhirnya bikin review moisturizer yang udah sering sliweran di Instagramku, hahaha. Moisturizer andalan, yang walaupun udah bosen tapi masih belum nemu penggantinya, wkwkwk. Bosen bukan berarti nggak bagus loh ya, don't get me wrong. 😆

COSRX Oil-Free Ultra-Moisturizing Lotion (with Birch Sap)


Awal kenal moisturizer ini gara-gara lihat Instagramnya @kinans.review. Moisturizer ini kesukaannya mbak Ambar karena untuk kulit berminyaknya moisturizer ini cukup melembapkan dan nggak greasy. Waktu awal beli moisturizer ini kondisi kulitku lagi berminyak dehidrasi (walopun sekarang udah berubah kering dehidrasi), jadi aku pikir ini pasti cocok juga.

Kemasan :
Ini adalah moisturizer pertamaku yang bentuknya bukan jar. Biasanya moisturizer kan dikemas dalam wadah jar gitu, tapi si COSRX ini kemasannya botol dengan dispenser berupa pump. Kayaknya ini khasnya COSRX banget ya, hampir semua kemasannya kan seperti ini. Kemasannya juga handy dan travel-friendly jadi aman deh dibawa travelling.


Menurutku pumpnya enak, nggak seret, dan bisa mengeluarkan produk dengan lancar. Kemasan tube kayak gini menurutku sangat higienis karena nggak perlu langsung colek-colek ke dalam produknya, dan pengeluaran produknya pun bisa disesuaikan. Kalau untuk wajahku 3 pump udah bisa merata seluruh wajah. Tambah 1 pump lagi kalo mau sampe leher.

Isi dan Tekstur :
Krimnya berwarna putih mutiara, agak semi-transparan gitu. Teksturnya ringan, nggak pekat, nggak meninggalkan kesan greasy di kulit. Pokoknya everything's about the texture is right menurutku. Setelah diaplikasikan lumayan cepat meresap walaupun tidak menimbulkan efek matte di kulit. Tapi untuk layering produk berikutnya (misal sunscreen atau makeup) nggak masalah, nggak pilling, dan nggak mengganggu tekstur produk berikutnya.



Saat dioleskan stay dulu sebentar di lapisan kulit (tampak basah), abis itu meresap. Cepet kok meresapnya. Dan kalo udah meresap nggak meninggalkan sensasi greasy di kulit.

Ingredients :
Betula Platyphylla Japonica Juice, Butylene Glycol, Glycerin, Dimethicone, Betaine, Cetearyl Alcohol,1,2-Hexanediol, Cetearyl Olivate, Sorbitan Olivate, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Sodium Lactate, Ethylhexylglycerin, Sodium Hyaluronate, Allantoin, Panthenol, Xanthan Gum, Ethyl Hexanediol, Citrus Medica Limonum (Lemon) Peel Oil, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil.

Hampir semua dalam huruf Hangeul

Key ingredients :
  • Birch Sap: menenangkan kulit, memberikan kelembapan
  • Betaine Salicylate and Willow Bark Water: exfoliator (pengangkatan sel kulit mati dan membersihkan pori-pori)
  • Snail Secretion Filtrate: melembapkan dan menutrisi kulit

Birch sap (Betula Platyphylla Japonica Juice) adalah salah satu bahan utama kecantikan Korea yang hype banget dalam dua tahun terakhir karena sifatnya yang lembut namun efektif dalam memberikan efek hidrasi. Produk perawatan kulit Korea sering menggunakan birch sap untuk menggantikan air dalam formulasi perawatan kulit. Birch sap memiliki banyak asam amino, enzim, antioksidan dan mineral yang membantu kulit mempertahankan kelembaban dan melindungi fungsi skin barrier. Birch sap sangat ringan, bisa dipakai bersamaan dengan makeup, dan bisa dipakai oleh semua jenis kulit setiap hari.

Betaine salicylate adalah Beta Hydroxy Acid (BHA) keratolitik yang lembut pada kulit dan dikenal untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit. Sebagai oil-soluble exfoliator yang bisa menembus ke dalam lapisan kulit yang lebih dalam, BHA lebih efektif dari pada AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang hanya membantu menghilangkan sel-sel kulit mati di lapisan epidermis (AHA adalah water-soluble exfoliator) apabila terdapat keluhan-keluhan seperti jerawat, komedo, membersihkan pori-pori, dan sebagainya. Tetapi karena fungsinya, sel-sel kulit mati dan rusak pada permukaan kulit yang dikikis oleh AHA dapat mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru yang sehat.

Willow Bark Extract digunakan dalam kosmetik dan produk perawatan karena memiliki sifat astringent, anti-inflamasi, soothing, dan sebagai bahan pelembap. Willow Bark Extract mengandung salycilic acid, BHA yang merupakan exfoliator alami dan digunakan dalam banyak perawatan jerawat karena kemampuannya untuk membersihkan pori-pori. Willow Bark Extract juga mengandung phenolic acid serta flavonoid yang memungkinkan untuk membantu peremajaan kulit.

Snail secretion filtrate adalah lendir yang dihasilkan siput saat bergerak, setelah dikumpulkan dan dimurnikan serta digunakan dalam formulasi perawatan kulit. Lendir siput kaya akan glycosaminoglycans, yang termasuk "natural moisture factor" yang terdapat di kulit. Natural moisture factor membantu kulit mempertahankan kelembaban. Glycosaminoglycans dapat mengikat hampir 1000 kali beratnya dalam air (hyaluronic acid adalah salah satu dari glycosaminoglycans yang secara alami terdapat di kulit), maka dari itu glycosaminoglycans mempunyai peran penting melindungi bagian-bagian sel yang berkontribusi terhadap kolagen dan elastin agar kulit menjadi kenyal dan halus. Dan menurut penelitian ternyata siput memproduksi glycosaminoglycans sendiri, makanya lendir siput bagus untuk menjaga kelembapan kulit.

Review :
Dilihat dari ingredients nya produk ini diklaim mampu menenangkan kulit sekaligus melembapkan dan menutrisi kulit. Moisturizer ini cocok untuk semua jenis kulit, bahkan yang kering, berminyak, sensitif, maupun berjerawat, karena menurutku kandungannya lengkap ada moisturizing agents, anti-acne agents, bahkan exfoliant juga. Produk ini juga paraben-free, sulfate-free, dan fragrance-free, jadi untuk kulit yang sensitif terhadap produk-produk yang mengandung bahan-bahan tersebut sepertinya bakal cocok dengan moisturizer ini.


Di nama produknya ada tulisan "oil-free", tapi aku melihat masih ada kandungan seperti lemon peel oil dan tea tree oil walaupun ada di urutan bawah. Kalo menurutku maksudnya oil-free itu nggak bikin kulit makin berminyak kali ya, bukan produknya yang oil-free. But I don't know, yang penting produk ini works well on my skin mau dalam kondisi lagi berminyak ataupun kering. 

Final Thoughts :
Aku pakai produk ini kira-kira udah 5 bulan lebih, dan memang ini moisturizer paling enak, paling nyaman, paling bagus yang pernah aku coba. Waktu awal pakai kulitku oily-dehydrated, tapi sekarang saat kondisi kulitku dry-dehydrated pun masih cukup lembap kok. Kayaknya aku memang cocok sama jenis moisturizer yang jenisnya humectant gini. Tapi mungkin karena udah bosen ya aku jadi pengen coba sesuatu yang lain.

Untuk klaim-klaimnya di kulitku yang nggak terlalu banyak masalah nggak kelihatan, karena emang kulitku nggak sensitif, nggak acne-prone, tapi memang udah ada flek (noda hitam)nya. Untuk aku pribadi flek nggak bisa dicegah cuma pakai produk ini, harus rutin pakai sunblock juga. Kalau untuk melembapkan seperti yang udah aku bilang di atas saat kondisi kulitku kering atau berminyak sekalipun sama-sama bisa memberikan cukup kelembapan tanpa rasa greasy. Intinya bagus untuk kulitku yang dehidrasi.

Tertarik mencoba si COSRX ini? Atau malah udah nyoba? Share your thoughts di kolom komentar di bawah ya. Semoga postnya bermanfaat. See you on the next post, Wassalamu'alaikum...