Assalamu'alaikum beauties...

Have you ever heard about 7 Skin Method? Apakah itu 7 skin method?

Awalnya emang terdengar aneh, tapi beberapa bulan yang lalu saat aku baru menyadari kalau kulitku dehidrasi parahhh, skincare routine 7 Skin Method inilah penyelamatku. Kulitku basicnya kombinasi, jadi gimana caraku mengenali kalau kulitku dehidrasi? Awalnya aku kira kulitku berubah jadi tipe berminyak loh, karena semakin siang tampak makin berminyak.

Tapi kalau kulit berminyak rasanya nggak akan ketarik walaupun sedang memproduksi sebum berlebih seperti yang aku alami, di beberapa bagian bahkan sampai mengelupas. Selain itu juga wajahku jadi gampang kusam, saat bermakeup rasanya kayak nggak nempel, dan mudah berjerawat juga.

Waktu itu aku belum terlalu istiqomah pakai skincare rutin, dan hampir selalu terpapar AC, juga amat sangat over exfoliated (waktu itu hampir tiap hari aku memakai scrub wajah karena merasa sangat kusam padahal kusamnya ya karena dehidrasi itu. Please jangan ditiru), jadilah kulitku amat sangat dehidrasi. 😭

Tapi, 7 skin itu apa sih? 7 lapis kulit kah maksudnya? No no no, skin itu kalau di Korea sana maksudnya toner. Jadi 7 Skin Method adalah trik pemakaian toner 7 kali atau 7 lapis. Tapi toner yang dipakai hydrating toner ya, bukan exfoliating toner. Awalnya bingung yah, yakin bisa pakai toner 7 layer? Apa nggak greasy banget tuh? Mau berapa lama tuh proses skincarenya? Udah 10 step ditambah 7 skin, bisa-bisa belum juga sempet merem, ayam jagonya udah berkokok tuh. Tapi nggak loh setelah dipraktekkan sendiri. Dan ternyata aku suuuka banget sama 7 Skin Method ini.


Kalau boleh lebay, 7 Skin Method menyelamatkan kulitku. Karena kulit dehidrasi itu berarti kulit kekurangan cairan, bukan minyak. Dengan memperbanyak penggunaan toner atau skin atau lotion (sebutan toner di Jepang sana), berarti menghidrasi kulit agar kandungan cairan dalam kulit terpenuhi lagi. Dengan pemakain rutin dan teratur, kandungan air dalam kulit bisa seimbang lagi.

Karena dulu memang belum mudeng tentang skincare, aku cuma menerapkan 7 Skin Method ini aja sehari-hari. Tepat 7 layer saat skincare malem, dan 3-4 layer aja saat skincare pagi dilanjut pelembap berSPF. Nggak terasa greasy dan lengket sama sekali karena emang kondisi kulitku waktu itu dehidrasi alias sangat kehausan, jadi dikasih hydrating toner banyak-banyak kulitku malah "berterima kasih" sama aku. Hasilnya? Serius, dua minggu kemudian kulitku membaik! Lembap tapi bukan over oily, nggak kusam lagi, jerawat membaik dan lebih kalem. Sekarang kalo jerawatan cuma pas mendekati period aja. Perubahannya nyata banget. Aku sangat terbantu dengan 7 Skin Method ini.


Produk yang aku pakai saat itu adalah Hadalabo Shirojyun Lotion yang warna biru untuk Whitening, sekarang andalanku nambah lagi nih untuk menghidrasi kulitku yaitu Hadalabo Gokujyun Lotion dan Nature Republic Aloe Vera 90% Toner. Ketiganya adalah hydrating toner yang bagus untuk mengembalikan hidrasi kulit. Favoritku sih si Hadalabo yang biru.


Lately, aku baru tau kalau 7 Skin Method itu nggak mesti harus pakai toner aja. Ternyata pakai essence, atau first essence, atau produk-produk menghidrasi lainnya yang bentuknya cair juga bisa dipakai untuk 7 Skin Method. Tapi kalau mau tetap pakai hydrating toner juga bisa. Tonernya lebih dari satu jenis pun issookeeyy. Maka dari itu selain pake hydrating toner, aku juga sering ngelayer pake Etude House Wonder Pore Freshner (walaupun masih diperdebatkan sebenernya Wonder Pore-nya Etude ini hydrating apa exfoliating toner) dan First Treatment Essence (FTE), bahkan FTE bisa aku layer sampe 2 atau 3 kali kalau aku masih merasa kurang lembap. FTE yg lagi aku pakai dari Missha Time Revolution FTE dan From Nature Age Intense Treatment Essence. FTE ini pemakaiannya sebelum memakai toner ya.



Sekarang gimana kondisi kulitku setelah menerapkan 7 Skin Method ini di skincare routineku? Alhamdulillah no more problemos nomos. Jadi selain "menyembuhkan" dehidrasiku, 7 Skin Method ini juga bikin kulitku lebih kalem, nggak gampang senewen kalau kena sesuatu atau ganti produk atau apapun.

Maka dari itu, kalau semisal kalian mempunyai keluhan-keluhan kulit wajah yang membandel dan nggak mau membaik dengan perawatan bermacam-macam, coba cek lagi jangan-jangan kulitmu dehidrasi. Karena signs atau gejala kulit dehidrasi di tiap-tiap orang beda-beda (kadang "terlihat" seperti oily skin tapi nggak jarang juga seperti dry skin). Karena kalau memang dehidrasi penanganan awalnya yaitu pemakaian toner 7 layer alias 7 Skin Method. 😊

Sekian dulu post kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua. See you on the next post, Wassalam...


Want to keep up with my posts? Click here!
My Instagram: @aldilakun.dr
Feel free to follow ya..