Assalamu'alaikum..

Kulitku tipe oily dehidrated yang mudah sekali berkomedo. Emang ya, komedo itu musuh utama kulit berminyak. Tapi, mau serajin apapun kita memakai skincare, kita nggak bisa terlepas dari komedo. Komedo pasti bakal tetap ada, tapi akan lebih "jinak" kalo kita rutin membersihkan wajah.

Step utama untuk menjinakkan komedo adalah double cleansing dan deep cleansing atau eksfoliasi. Untuk step cleansing udah paham ya, bisa kok cek post yang ini untuk tau produk apa yang pernah aku pakai untuk membersihkan wajah. Kalau untuk eksfoliasi, aku masih tetep suka physical exfoliator. Eh, eh, bentar, emang macem-macem exfoliator itu apa aja sih?

Jadi eksfoliator atau pengelupasan itu ada dua macam, physical dan chemical. Kalo physical exfoliator contohnya kayak face scrub berbentuk krim, atau sponge, atau clarisonic, bahkan kapas juga termasuk physical exfoliator. Nah kalo chemical exfoliator tuh yang lagi booming sekarang ini yaitu acid toner dan kawan-kawannya.

Yang mau aku kupas sekarang adalah salah satu physical exfoliator yaitu face scrub dari brand St. Ives yang lumayan booming beberapa tahun yang lalu. Udah lumayan lama aku pakai face scrub ini, dan aku jatuh cinta sama hasilnya.

St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub


Aku punyanya yang kemasan baru ya, lebih eye catching, tube dengan bahan doff yang nggak licin saat digenggam. Ukurannya mayan geday yaitu 170 gram, kurasa bakal awet karena walaupun dengan pemakaian rutin seminggu dua sampe tiga kali pasti sebulan belum habis juga hehehe. Tapi minusnya dengan ukuran segede itu pasti nggak travel-friendly.


Kalo kamu pernah pakai face scrub Emina yang aprikot, tekstur dari St. Ives ini sama. Dengan butiran scrub yang besar-besar, which is I love, tapi dia nggak sakit sama sekali saat digunakan ke wajah.


Yang aku suka lagi, bahkan lebih suka ini daripada yang Emina, saat dipakai dia tidak greasy sama sekali dan tidak ada sensasi berminyaknya. Beda banget sama Emina yang sangat berminyak rasanya kulitku setalah dipakai. Belum ada reviewnya ya si Emina karena udah habis dan kemasannya dah terlanjur dibuang, belum ada rencana buat beli lagi karena nggak tertarik buat repurchase sih hehehe.

So, overall menurutku facial scrub St. Ives ini layak buat dicoba. Apalagi setauku ada banyak varian yang tersedia, mulai dari untuk mengurangi blackheads, ada yang 2-in-1 scrub and mask juga, untuk radiant skin juga ada. Bermacam-macam range yang bisa dicoba!

Untuk mendapatkan produk ini kamu bisa cari di platform marketplace atau di Guardian dan Watsons. Sekarang ini harganya bahkan sudah lebih murah dibandingkan saat produk ini masih booming. Harganya sekitar Rp.65.000,- hingga Rp.80.000,- tergantung di mana kalian beli.

Oke, sekian dulu review kali ini. Apabila kalian ada comment atau pertanyaan atau mau share pengalaman pribadi menggunakan face scrub ini, bisa dituliskan di kolom komentar bawah ya. See you next time! Wassalam..


Want to keep up with my posts? Click here!
My Instagram : @aldilakun_dr
Feel free to follow ya...