Hai hai Assalamu'alaikum..

Sekarang ini lagi hype banget bertebaran bermacam-macam skincare-skincare baik itu dari Korea, Jepang, Western, bahkan Indonesia. Orang-orang juga mulai aware dengan ingredients yang terkandung di dalam suatu skincare. Kalo dulu pada pengennya putih instan, sekarang pengen putih instan PLUS produk ini di gabung sama produk ini bisa bikin putih gak, khak? Pake bayclin aja kalo mau putih, dheq. Wkwkwk. Netijen oh netijen.

Tapi, sebelum masuk ke "produk ini di gabung sama produk ini bisa bikin putih gak, khak?" alangkah baiknya kalau kita tau dasar dari skincare rutin itu apa. Skincare rutin yang paling dasar itu adalah CTMP atau "Cleansing", "Toning", "Moisturizing", "Protecting" (nanti aku buatin postnya tersendiri yah, karena puanjang). Dan, pada post kali ini aku mau membahas skincare rutin step CLEANSING yang sekarang ini jadi andalanku.

DOUBLE CLEASING
...is a must, beb! Kalo nggak kemana-mana gimana, khak? Lha kamu kan pake sunscreen (step "Protecting") to beb siangnya? Sunscreen itu bukan skincare yang terserap ke dalam kulit gitu. Dia membuat lapisan proteksi yang menghalangi sinar matahari merusak kolagen kulitmu, jadi ya kalo nggak di double cleansing bakal menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat dan komedo.

Jadi sunscreen itu malah gak bagus buat kulit ya khak? Kan bikin komedoan.

Sak karepmu, dheq. Wkwkwk.


Nah, produk yang sekarang jadi andalanku buat double cleansing 3 produk ini. Pixy Milk Cleanser Brightening, Pond's White Beauty Shake & Clean, sama Pond's Clear Solutions Anti Bacterial Facial Scrub. Produk lokal aja bebku. Yang kita ambil manfaatnya, gak perlu harus mahal-mahal, yang penting membantu meluruhkan sisa-sisa makeup dan membantu membersihkan kulit dari kotoran-kotoran yang menempel.

Pertama sebagai first cleanser yang aku pakai Pond's White Beauty Shake & Clean, sekalian buat membersihkan makeup-makeup waterproof. Dia minusnya perih kalau kena mata, karena emang kandungan alkoholnya juga tinggi. Tapi gatau dari dulu suka aja sih. Kadang aku seling sama eye makeup remover kalo yang ini dah habis, dari merk apapun.


Lalu first cleansernya nggak sampai sini doang. Masih aku lanjut pakai Pixy Milk Cleanser Brightening bebku. Aku suka pake first cleanser jenis milk cleanser gini juga karena dia membantu melembapkan kulitku (walaupun kulitku jenisnya oily combination) dan rasanya lebih bersih aja gitu pake cleanser jenis milk gini.


Ini nggak sengaja milih merk Pixy sebagai milk cleanser. Sebenernya aku pake merk apapun cocok, nggak bikin makin komedoan. Ndilalah pas keabisan cleanser kemaren nemunya ini di Indomaret, yauwes deh comot ini. Ternyata enak juga.

Kemudian second cleansernya aku lagi pake Pond's Clear Solutions Anti Bacterial Facial Scrub karena emang pengen bantu meringkas minyak juga mengurangi jerawat. Hasilnya? B ajah, wkwkwk. Yang aku rasain kulit wajah jadi bersih, dah gitu aja hahaha.


Untuk pemilihan face wash aku bukan tipe yang picky banget. Hampir semua face wash cocok-cocok aja di kulit wajahku. Tapi so far yang hasilnya enak banget di kulitku sih dari merk Hadalabo, terutama yang biru. Somehow, face wash Hadalabo yang putih malah bikin kulitku jadi lebih berminyak.

DEEP CLEANSING
...ini "ritual" mingguan sih ya. Paling seminggu dua atau tiga kali, tergantung aku merasa seberapa "kotor" wajahku. Kalo lagi banyak kondangan ya makin sering deep cleansingnya, tapi nggak tiap hari juga keleus. Itu wajah beb, bukan meja yang harus sering di amplas biar mulus.


Produk yang aku pake ada St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub sama Naruko Tea Tree Purifying Clay Mask & Cleanser in 1. Dua produk ini sukses bikin wajahku kinclong bak marmer yang abis digosok ulang. Duh ileh. Tapi beneran loh beb.


Biasanya St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub aku pakai abis first cleanser sebelum second cleanser, jadi abis milk cleanser. St. Ives ini ngaruh banget di kulitku buat bikin kulit halus dan mengurangi komedo. Dan itu loh side effectnya, bikin kulit glowwwing. Kusuka kusukaaa. St. Ives ini walau butiran scrubnya gede tapi tetep nyaman sih di kulit wajahku.

[Baca juga Review: St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub]


Kalo Naruko Tea Tree Purifying Clay Mask & Cleanser in 1 kadang aku pake sebagai face wash, kadang jadi masker (walopun endingnya jadi face wash juga). Kalo pas dipakai sebagai face wash, pakenya sedikit terus digosok-gosok ke wajah baru dibusakan pakai air di wajah. Kalo pas dijadikan masker, cara pakainya dioles merata seluruh wajah, ditunggu 5-10 menit, baru digosok-gosok dan langsung dibilas pake air tanpa pakai face wash lagi setelahnya.

Sensasi saat pakai Naruko Tea Tree ini adalah wajah terasa tingling kayak ada mint-mint nya gitu, kadang aku merasa pedes mintnya agak gak tertahankan (kadang aja loh tapi). But after that, wajah rasanya dingin, seger banget gitu, dan juga bersih.

Yak, itu tadi produk-produk andalan yang sekarang ini lagi aku pakai untuk membersihkan wajah sehingga kecantikan paripurna selalu terpancar dari raut wajah alamiku ini hahahaha. Kalau kalian, apa produk andalan yang kalian gunakan di step cleansing? Share juga ke aku ya di kolom komentar, makasih. See you next time! Wassalam..


Want to keep up with my posts? Click here!
My Instagram : @aldilakun_dr
Feel free to follow ya...