Halo halo Assalamu'alaikum semuanyaaa~

Ugh excited banget aku mau nulis tentang produk satu ini! Karena produk satu ini merupakan andalan setahun terakhir, dan udah repurchase hampir ketiga kalinya (yang kedua ini dah mau habis)! Joss gak tuh?? Yap, produk yang "I can't live without it" ini adalah eyeliner, specifically ini eyeliner dari brand QL Cosmetic! Yaaay, siapa sih yang nggak tau brand QL Cosmetic?? Kowe ndeso! wkwkwk.. Udah yuk stop ngemeng epehnya dan cuss ke reviewnya!

QL Eyeliner

Netto: 8 ml
Harga: antara Rp. 30.000,- sampai Rp. 35.000,-
Instagram: @qlcosmetic

Kemasan:
Si QL ini kemasannya agak beda dari kemasan eyeliner lainnya. Kalo eyeliner lain kemasannya "langsing", si QL ini agak "sexy" wkwkwk.. Karena membulat di bagian bawah. Dan sejak aku awal beli sampai sekarang QL ini sudah berinovasi mengubah warna kemasannya. Kalo dulu warnanya biru metalik sekarang warnanya hitam glossy. Personally, aku lebih suka kemasan yang sekarang karena terlihat "mahal", hahaha.

kemasan baru

kemasan lama, dan belinya juga udah lama, jadi udah buluk hahahaha

Dan untuk aplikatornya dia ini ada dua macem, kuas dan felt-tip (or mirip spidol), dan dua-duanya pernah aku coba. The winner for me is kuas, karena lebih lembut yang mana nggak nusuk-nusuk kelopak mata dan produk yang diambil sekali celup bisa banyak.

felt-tip atau spidol 

kuas

Tekstur:
Karena ini eyeliner cair, dia teksturnya cair dong yaaa hahaha. Cuma emang lebih runny dibanding eyeliner lainnya. Tapi nggak masalah buatku, aku tetap cinta padamu wkwkwk.

Swatch:
Nahhh ini dia yang ditunggu-tunggu! Swatchnya akan dibagi dua, yaitu di tangan dan di mata.

swatch di tangan

Saat di swatch di tangan terlihat kalau eyeliner ini semi-matte. Maksude semi-matte, Dil? Jadi dia matte tapi kalau kena cahaya masih ada pantulan tapi nggak berkilau kayak kalau eyeliner glossy. Mudeng? Yaudah ntar lihat aja wes pas swatch di mata.


Pas swatch di mata begitu tuh tampilannya. Paham kan sekarang yang tak maksud tadi? Memang matte tapi gak yang dead matte gitchu.

Betewe, eyeliner QL ini dia warnanya nggak yang jet black gitu lho. Tak bandingin sama eyeliner Vivaku masih iteman si eyeliner Viva. Tapi bukan abu-abu yahh.. Masih item kok. Cuman aku emang udah cinta mati sama eyeliner ini sih hahaha jadi gak item kereng yo ra masalah. Belum ada yang bisa menggantikan si eyeliner ini. Yang penting kan kenyamanannya iyaaa kaaan *eaaakkk* XD

[Baca juga: Review: Viva Queen Perfect Shape Liquid Eye Liner]

Terus juga dia kalau diaplikasikan di kelopak mata yang berminyak kayak nggak bisa nemplek gitu di mata. Mirip kalo kayak air campur minyak sampai kapanpun tak akan pernah bisa bersatuh *bahasamu Dil!*. Mau dikocok berapa kalipun tetep kayak gitu. Tapi tenang aja tinggal pakein eye primer atau eye shadow atau simply pakein bedak aja wes di bagian matamu, problem solved! Hehehe. Walaupun gitu kalau kelopak matamu nantinya bakal berminyak, dia nggak akan bubar jalan dan mbleber kemana-mana.

Ketahanan:
Gimanapun tes di tangan dan tes di mata langsung itu menurutku agak-agak beda dan nggak bisa dibandingin. Gosokan pas swatch di tangan dan di mata pun beda. Nggak mungkin kamu kucek-kucek mata seheboh pas gosok-gosok tangan, kan? *mesakne mripatmu cah* Aku pernah punya pengalaman sama eyeliner yang tes di tangan dia jempolan tapi di kelopak mata bubar jalan. Pernah juga kebalikannya, di tangan dia langsung bablas pas kena air eh di mata malah fine-fine aja (walaupun yang kasus ini jarang sih, lebih banyak kasus yang pertama). Tapi kalau ditanya merk eyelinernya apa (yang tak coba tes itu tadi) waduh maap sodara-sodara saya sudah lupa! :D

Nah makanya akan langsung tak jelasin aja ya.. Seperti yang aku bilang tadi saat dipakai di mata walaupun kelopak matamu berminyak dia tetap akan stay di tempatnya. Dan untuk yang berwudhu tenang aja karena eyeliner ini nggak gampang luntur asal nggak kenceng-kenceng nggosok matanya. Kalau kena hujan dia juga masih awet. Dipakai nangis kejer dia akan hilang di bagian yang kena air mata aja (iyee, pernah nangis pas pakai eyeliner inih..)

Untuk membersihkan, aku rekomen pakai pembersih mata khusus biar mata bisa bersih maksimal. Dan eyeliner ini tipenya menyerbuk/ngletek saat dibersihkan, jadi nggak bikin mata panda deh! Meskipun begitu dia tipe yang gampang dibersihkan kok (nggak butuh usaha berlebih).

Kesimpulannya:
(+) Murah
(+) Enak dipakai
(+) Ada dua jenis aplikator, bisa milih sesuai kesukaanmu
(+) Mudah didapat dimana-mana, bisa beli online juga
(+) Warna matte
(+) Awet di eyelid oily, tapi gampang juga ngebersihinnya
(+) Lumayan awet dipakai wudhu/kena air
(+) Packagingnya lain dari yang lain (gatau ini kelebihan apa bukan hahaha)
(+) Awet pemakaiannya, setaun lebih baru ganti dua kali
(+) Saat "luruh" dia tipe yang ngletek jadi nggak bikin bawah mata item (mungkin di sebagian orang ini bisa jadi cons, but for me it's pros)
(-) Mata harus di set dulu (minimal) pakai bedak biar eyelinernya nempel di mata

Repurchase? YES!
Recommended? OF COURSE!

Udah teracuni, gaes??? Hahaha. Yuk cuss beli dan cobain sendiri enaknya eyeliner ini. :D Terima kasih sudah mampir baca reviewku, semoga membantu yah.. See ya on the next post, thatha!

My Instagram : @aldilakun
Feel free to follow ya...