Heylooo Assalamu'alaikum how are you???

I'm back lagi nih to entertain you yang haus akan ulasan-ulasan tentang kecantikan *hesyeh bahasanya* wkwkwk. Adakah yang lagi galau tentang dunia per-rambut-an? Pengen merawat rambut tapi budget pas-pasan? Bingung milih produk-produk rambut yang gampang dicari dan kualitasnya nggak kalah dibanding produk yang impor? Yuk yuk merapat ikutan baca tentang hair care routineku akhir-akhir ini.

Udah dua tahun aku berjilbab. Walaupun belum hijab syar'i, tapi Alhamdulillah aku udah konsisten buat nutup mahkotaku dengan jilbab. Rintangan di awal-awal berjilbab sungguh amat sangat luar biasa. Apalagi kalo liat feed instagram dulu sekitaran tahun 2015 yang trend ombre hair, duh maaak aku juga pengen ngombre rambutkuuu (asik kan tuh kalo ombre warna pink biru ungu? *terus sama mama dibawa ke RSJ, hahaha*). Tapi Alhamdulillah bisa nahan godaan dan semoga istiqomah, Aamiin...

Nah, karena sekarang berjilbab, tau dong problem rambut berjilbab tuh apa. Yap, rambut rontok dan berketombe! Iyuh! Apalagi sebelum berjilbab pun rambut rontok udah jadi langgananku *nangis getih*, pakai jilbab makin-makin deh rontoknya, plus ketombe! :(

Produk-produk perawatan rambutku bukan yang heboh nan mahal kok. Kamu bisa cari di supermarket terdekat. Cincay lah pokoknya nyarinya. Dan Alhamdulillah cocok di aku (atau at least nggak memperparah kondisi rambutku). Apa aja mereka? Yuk kita mulai lihat satu-persatu.

1. Shampoo
Shampoo tuh biasanya aku pake ganti-ganti merk, tapi pasti variannya nggak jauh dari yang anti dandruff dan anti hair fall. Yang lagi akhir-akhir ini aku pakai adalah Natur Shampoo Ginseng Extract, Selsun Yellow Double Impact, dan Pantene Anti Ketombe.


Natur ginseng ini aku dulu pernah rontok parah dan pakai Natur beneran langsung kerasa hasilnya. Makanya sekarang balik pake Natur lagi. Cuma side effect dari Natur ini dia bikin rambut kasar dan mengembang. Tapi bisa diakalin kok dengan kita pakai conditioner atau hair mask setelah keramas.


Kalo Selsun ini emang udah melegenda ya. Ini andalanku kalo ketombeku udah tak tertahankan. Nampol banget dah, juarak! Dan variannya yang mana aja pasti ampuh banget ngusir ketombe. Kalo yang oranye ini setelah dipakai rasanya kayak ada sensasi adem gitu di kulit kepala. Walaupun ukurannya kecil tapi ini bisa dipakai 4-5 kali. Tapi jangan underestimate dulu, sekali pakai udah kerasa manfaatnya. Ketombe berkurang dan kulit kepala nggak gatal lagi.


Dan Pantene ini buat maintenancenya aja kalo kondisi rambutku udah membaik dan gak perlu intens pakai Natur sama Selsun, aku pakai Pantene ini. Aku beli yang anti ketombe karena aku berpikir rambutku rontok pasti penyebabnya bukan cuma karena rambut rontok doang. Dan aku menyimpulkan ini pasti efek dari ketombe. Itulah kenapa aku beli shampoo anti ketombe bukannya anti rambut rontok.


Harga :
Natur : beli sepaket sama hair tonicnya jadi Rp. 41.000,-
Selsun : Rp. 24.000,-
Pantene : Rp. 19.000,-

2. Hair Mask
Aku bukan tipe conditioner-girl walaupun dulu sempet rutin pakai kondisioner. Tapi aku sering alpa nya, nggak tiap keramas pakai kondisioner karena ribet dan keburu kedinginan hahaha. Jadi aku beralih ke hair mask atau creambath cream yang bisa dipakai seminggu dua kali aja *iya anaknya malesan -_-* hahaha. Produk yang aku pakai adalah Good Ginseng Creambath Emulsion dan Crrante Hair Mask Mutiara (Pearl).

Good ginseng aku pilih karena pengen mendapatkan manfaatnya yaitu mengurangi kerontokan. Tapi sayangnya di aku hasilnya nggak terlalu signifikan. Masih lumayan rontok rambutku walaupun udah pakai ini. Cuma, tiap pakai ini rambutku jadi super duper lembuuut banget, dan itu bisa bertahan sekitar 3 harian. Bener-bener kayak rambut keluar dari salon kalo habis pakai ini.


Crrante hair mask aku beli karena, emmm, apa ya, hahaha. Si Good ginseng itu udah hampir habis, jadi aku pengen restock gitu. Tapi pas di supermarket baca-baca kalo creambath cream harus dibilas pakai air hangat, dan hair mask bisa dibilas pakai air dingin. Nah, karena alasan itulah aku memutuskan buat beli hair mask karena males ribet kalo tiap mau keramas harus ngerebus air dulu hahaha (walaupun nggak tau teori itu bener apa nggak). So far setelah pemakaian rambutku jadi lumayan lembut dan wangiii. Next kalau ini habis mau nyoba yang varian strawberry hehehe.


Semua produk itu cara pakainya tiap abis keramas aku olesin ke seluruh permukaan rambut dan kepala, aku pijat-pijat bentar tapi menyeluruh, lalu aku diemin sambil aku gosok gigi atau sabunan, terus aku bilas deh. Selesai.

Harga :
Good Ginseng : Rp. 19.000,-
Crrante Hair Mask  Mutiara (Pearl) : Rp. 24.000,-

3. Hair Tonik
Sejak dulu selaaalu pakai hair tonik dari Natur Hair Tonic Ginseng. Seingetku aku nggak pernah nyoba merk lain. Udah setia sama produk ini hahaha. Apalagi sering ada promo beli shampoo dan toniknya dapat potongan harga, jadi makin setia deh hahaha.


Tapi aku nggak suka sama bentuk botolnya. Makanya aku depot ke botol spray biar mudah pakainya. Biasanya aku pakai tiap habis keramas pas rambut kondisi setengah kering disemprot di kulit kepala langsung abis itu kepala dipijat-pijat ringan.

Harga :
Natur Hair Tonic Ginseng : beli sepaket sama hair tonicnya jadi Rp. 41.000,-

4. Hair Mist
Sariayu Hijab Hair Mist ini baru-baru ini aja aku pakainya, dua bulanan lah kira-kira. Aku pakai tiap kali mau pergi. Kadang langsung ke rambut, kadang kalo keburu-buru langsung ke jilbab. Enak wanginya. Sepertinya bakal repurchase kalo ini udah habis.


Harga :
Sariayu Hijab Hair Mist : Rp. 16.000,-

Yak segitu doang hair care routineku. Bukan produk yang "Wah!", tapi asal telaten pakainya bakal memberikan efek seperti yang diinginkan kok. Kalo kalian apa hair care routinenya? Share juga ya di kolom komentar siap tau bisa bagi-bagi info. Selamat membaca, see you on the next postthatha!

My Instagram : @aldilakun
Feel free to follow ya...